Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Gigi Sensitive dan Cara Mengurangi Gigi yang Sensitive

penyebab gigi sensitive
image idemika.ne

Sebagian di antara kita mungkin ada yang merasa ngilu pada saat gigi kita memakan makanan manis atau dingin, bahkan bisa juga berdenyut Ketika menyantap hidangan favorit tersebut, tentu hal ini akan mengganggu bukan? Rasa nyaman pun menjadi berkurang sensasinya. Mengapa demikian? Hal Itu bisa disebabkan lantaran gigi yang sensitif. Gigi sensitive sendiri terjadi akibat menipisnya enamel, serta penurunan gusi dan terbukanya dentin atau sebuah lapisan di bawah enamel. Efek yang ditimbulkan pun bisa berupa rasa sakit seperti kejutan yang tajam dalam waktu yang singkat. Tentu rasa ngilu tersebut ada yang terjadi sementara, ada pula yang hilang dan muncul dalam waktu tertentu. Lalu apa yang menyebabkan gigi kita sensitive, berikut alasannya.

Penyebab Gigi Sensitive

Penurunan Gusi

Hal ini bisa terjadi ketika kita terlalu memberi tekanan pada saat menggosok gigi dan apabila dilakukan secara terus menerus, maka bisa menyebabkan iritasi sekaligus menurunnya gusi dari leher gigi yang mengakibatkan gigi sensitive.

Oral Hygiene yang Buruk

Penumpukan plak atau karang gigi adalah salah satu pertanda bahwa oral hygiene yang kita lakukan cukup buruk, hal ini bisa berdampak pada gigi sensitive sebab karang tersebut perlahan akan mengiritasi gusi yang dapat mengakibatkan berdarah serta bau mulut yang kurang segar.

Email Gigi yang Terkikis

Pada orang-orang tertentu, pembentukan lapisan email gigi yang kurang sempurna bisa saja terjadi, jadi bukan hanya karena kebiasaan menggosok gigi yang terlalu berlebihan.

Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi gigi yang sensitive, berikut tipsnya.

Mengurangi Gigi Sensitive

Sikat Gigi Secara Hati-Hati

Biasakan untuk menggosok gigi secara teratur 2 kali sehari, sikat secara lembut dan hati-hati namun tetap memperhatikan teknik yang tepat agar menjangkau seluruh bagian gigi sehingga bersih sempurna. Pilihlah juga sikat gigi yang lembut untuk mencegah terjadinya penipisan lapisan enamel ketika menggosok gigi.

Pilih Pasta Gigi Khusus

Memilih pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitive juga penting sebab kini ada banyak pasta gigi yang dirancang dengan kandungan bahan aktif seperti potassium nitrat. Bahan ini sendiri sudah terbukti ampuh dalam mengurangi gigi sensitive sebab cara kerjanya ialah membantu untuk menghalangi tubulus kecil di dentin yang sensitif.

Periksa ke Dokter Gigi

Sebagaimana anjuran yang sudah ditetapkan, periksakanlah gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali, maka kita juga bisa sekaligus berkonsultasi apabila merasa ada yang salah dengan gigi kita. Dokter pun akan segera memberi solusi sesuai keluhan yang kita rasakan.

Hindari Makanan dan Minuman Asam

Apabila sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam, hal ini bisa berdampak pada lapisan enamel yang rentan rusak sehingga gigi menjadi lebih sensitive. Maka ada baiknya untuk memberi batasan yang ketat dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang bercita rasa asam, Adapun tipnya ialah sikatlah gigi kita setelah 20 menit mengkonsumsi hidangan tersebut, mengapa 20 menit? Sebab jika kita menyikat gigi dengan jarak yang kurang dari 20 menit setelah mengkonsumsi asam, hal itu bisa menyakiti lapisan enamel kita. Maka tetap perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebab penipisan enamel bisa saja terjadi.

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengurangi gigi yang sensitive, maka mulailah ubah pola hidup kita agar tidak membuatnya semakin parah. Tentu kita tidak ingin bukan terus-terusan terganggu oleh rasa ngilu yang bisa saja muncul secara tiba-tiba. Terkadang Gigi ngilu juga diakibatkan karena gigi bolong.


Posting Komentar untuk "Penyebab Gigi Sensitive dan Cara Mengurangi Gigi yang Sensitive"