Cara memilih buah durian dengan benar

manfaat durian untuk kesehatan

Buah durian enak rasanya. Di indonesia ada 5 durian unggulan, yaitu;

1. Durian sunan (di daerah Boyolali - Jateng)
2. Durian sukun (di daerah Karanganyar dan Ambarawa - jateng)
3. Durian sitokang (di daerah Jakarta)
4. Durian simas (di daerah Bogor dan palembang)
5. Durian petruk (di daerah Jepara - Jateng)

Cara memilih durian
Durian tua warna kulitnya biasanya kekuning-kuningan. Kalau pun itu durian yang varietas berkulit hijau, warna hikaunya itu akan tampak pucat, bercampur warna kuning-krem-kecoklatan.

Duri-duri buah durian tua sudah mulai jarang-jarang. Kedudukan tegaknya duri tidak lagi saling menangkup, tapi sudah nampak merenggang, sehingga permukaan kulit disela-sela duri namppak agak menonjol.

Kalau buah durian itu ditepuk-tepuk tentu saja dengan hati-hati, atau diketuk-ketuk dengan sentilan kuku, bunyinya seperti buah durian yang bagian dalamnya kosong (berongga). Suaranya ringan.

Durian yang sudah matang berbau komponen sulfida dengan bau harum yang khas dan beraroma alkoholik. Makin matang, bau alkoholik-nya itu akan semakin tajam.

Durian yang sudah tua betul, mudah sekali dibelah kulitnya dari bagian ujung (bawah). Jangan memilih durian dengan mencicipinya. Bau yang melekat di sekitar bibir akan mengacaukan penciuman anda dalam memilih durian selanjutnya sekali mencicipinya, mau tak mau untuk selanjutnya harus mencicipi terus setiap durian yang akan dipilih.

Kalau durian sudah dibuka, untuk mengetahui dagingnya tebal atau tidak, tekanlah daging durian itu antara biji satu dengan biji lainnya. Jangan tekan tengah bijinya, karena tak akan dapat merasakannya.

No comments for "Cara memilih buah durian dengan benar"